Apa Kabar Tugas Prototipe PPM Angkatan 17?

prototipe ppm

LPMJournal.id — PPM 2018 sudah berjalan, tidak terasa sudah setahun saya dan teman-teman angkatan 2017 yang masih bertahan (beberapa ada yang berhenti kuliah) menempuh pendidikan di Amikom. PPM tahun ini membuat saya flashback tentang PPM 2017. Bagi saya, tak ada yang lebih berkesan daripada sesi presentasi karya. Saya ingat sekali antusiasme kami mempresentasikan karya dengan memakai jas almamater, kemeja putih berdasi dan bahkan saat itu, kami masih patuh menggunakan sepatu pantofel.

Karena alasan rindu , muncul keinginan saya untuk mengetahui kabar prototipe-prototipe keren mereka. Apakah mereka masih antusias berusaha merealisasikan atau mungkin prototipe itu hanya sebatas khayalan mereka guna memenuhi tugas PPM. Mulailah saya bertanya masalah ini pada teman-teman melalui group whatsapp. Karena respon sedikit dan cenderung kacang, saya memutuskan bertanya lewat pesan pribadi. Hasilnya sungguh mengecewakan. Beberapa lupa tentang apa protoype mereka dulu. Banyak yang ingat, tapi mereka tidak ada rencana merealisasikannya.  Sebagian teman masih memiliki keinginan merealisasikan tapi belum punya rencana. Terakhir meskipun sedikit, ada yang sudah punya rencana untuk merealisasikannya.

Jawaban-jawaban mereka membuat saya bertanya, apakah benar prototipe-prototipe keren waktu itu hanya khayalan untuk memenuhi tugas PPM? Pemanis pemeriah acara tahunan kampus. Ayolah ini baru setahun. Apa yang salah? Sistem penugasannya kah? Mahasiswa baru diajak berkhayal merancang teknologi masa depan. Kenapa saya anggap berkhayal? Karena selama setahun ini, semua rancangan itu seolah ditinggalkan. Tak ada inisiatif lembaga untuk menagih atau sekedar mempertanyakannya lagi. Semua berakhir dan terlupakan, menguap di kemeriahan hari inagurasi. Apakah hal ini akan terulang di angkatan 18? Mari kita tunggu.

Semoga suatu hari ada salah satu dari prototype kita angkatan 17 yang berhasil diwujudkan. Cincin dan sarung tangan pendeteksi pengguna narkoba mungkin. Yang harapannya dapat mengetahui seseorang terindikasi menggunakan narkoba hanya dengan berjabat tangan. Aplikasi anti korupsi? Itu terdengar bagus.

1 tanggapan pada “Apa Kabar Tugas Prototipe PPM Angkatan 17?”

Tinggalkan Balasan