Utara-Selatan, Melihat Persoalan Agraria Melalui Seni di LIR SPACE

LPMJournal.id  – Utara-Selatan merupakan presentasi dua proyek yang berpusat pada persoalan agraria. Dua proyek tersebut meliputi Ziarah Utara pada bagian utara dan Swara Pembangunan pada bagian selatan. Proyek Ziarah Utara mencoba untuk mempresentasikan pendekatan dalam kerja artistik yang terkait isu Teluk Jakarta, sedangkan Swara Pembangunan berfokus pada persoalan agraria di Yogyakarta, seperti yang terjadi di Temon, Kulon Progo.

Ziarah Utara merupakan sebuah proyek yang diinisiasi oleh empat seniman yang melakukan perjalanan dengan berjalan kaki selama 11 hari menyusuri utara Jakarta untuk melihat pembangunan yang masif di tempat tersebut. Perjalanannya tersebut kemudian menjadi metode riset yang kemudian berkembang menjadi perjalanan-penelitian yang berkembang hingga jangka waktu yang belum ditentukan.

Berbeda dengan Ziarah Utara yang berjalan menyusuri pesisir utara Jakarta, Swara Pembangunan lebih kepada pengemasan informasi yang terkait dengan isu agraria, seperti yang ada di Temon, Kulon Progo, Yogyakarta terkait isu bandara  baru yang berhubungan dengan pemindahan paksa, penghancuran lahan pertanian, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan isu agraria.

Swara pembangunan dibentuk dari keinginan untuk melibatkan seniman-seniman muda sebagai bagian pengaplikasi isu agraria ke tengah anak muda secara umum. Jika pada Ziarah Utara yang berfokus pada teluk Jakarta dengan pembangunan Mega City untuk menunjang bandara di tempat tersebut, lain halnya dengan persoalan di Temon dengan pembangunan bandaranya. Tentu dibutuhkan juga penunjang-penunjang dari bandara tersebut, dan dari situ akan terjadilah proses penggusuran kembali yang akan meluas di tempat tersebut.

Lir Space sendiri selain memiliki dua ruang galeri yang ditujukan sebagai ruang diskusi, pertemuan, dan ruang kerja, ada pula produk-produk yang ditawarkan berupa kaos, stiker, pin, dan masih banyak lagi produk lainnya. Selama satu bulan masa presentasi berlangsung, yang terhitung dari 28 Juli hingga 28 Agustus 2018, ruang kerja untuk presentasi dalam ruang galeri terus mengalami perubahan secara aktif mengikuti pembaruan terkini.

Berikut ini merupakan beberapa gambar pilihan saat Presentasi Utara-Selatan, sebelumnya perlu diketahui bahwa Utara-Selatan ini merupakan bagian pertama dari proyek terpilih yang dipresentasikan dalam kerangka riset kuratorial LIR “The Observant Club: Mobility” yang berlangsung dalam jangka waktu setahun ke depan.


(

Tinggalkan Balasan