Program Kreativitas Mahasiswa Sebagai Solusi Permasalahan Bangsa

Karya PPM Amikom

LPMJournal.id — Rangkaian kegiatan PPM 2018 masih berlanjut. Pagi tadi (10/9) di beberapa ruang kelas Universitas Amikom Yogyakarta, mahasiswa baru mempresentasikan hasil karya yang dibuat.

Mahasiswa baru dituntut mencari solusi untuk menyelesaikan beberapa masalah yang sedang di hadapi oleh bangsa ini. Seperti yang dikutip dari dokumen Form Inovasi yang dikirimkan oleh panitia kepada mahasiswa baru. “Mahasiswa yang kreatif inovatif  untuk bersinergi mencari solusi penyelesaian permasalahan  bangsa yang sekarang sedang dihadapi, diantaranya adalah : Radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, korupsi, plagiarisme dan konsumerisme (ide, produk).”

Ada sebanyak 124 kelompok (Pulau) masing-masing pulau mempresentasikan karya yang telah dipilih sebelumnya dari beberapa sub kelompok. “Satu pulau dibagi menjadi 5 kelompok. Nah, dari 5 kelompok tersebut diambil yang terbaik kemudian dibuat prototype oleh teman satu pulau. Bukan per-kelompok lagi.” Ujar Putri Abdi selaku mentor dari salah satu kelompok.

Salah satu mahasiswa baru, Dina Fadhilah (18.12.0853) menuturkan bahwa penilaian karya oleh dosen dan pelaksanaan presentasi tidak tepat waktu, dikarenakan beberapa kelompok harus menyelesaikan karyanya untuk dipresentasikan. ”Gregetin sih. Ada beberapa tugas yang belum jadi, terus presentasinya di lantai 4. Jadi bolak-balik gitu. Tapi ternyata di dalem gak sampai 10 menit. Untung dosennya asik hihihi. Lain kali, mungkin bisa diatur lagi buat pembagian jadwalnya. Kalau seumpama suatu kelompok belum jadi atau ada kurangnya, ya maju aja, apa adanya gitu, biar yang lain bisa tepat waktu.” Ungkapnya.

Selain itu Putri juga mengungkapkan bahwa karya yang saat ini dipresentasikan oleh mahasiswa baru, akan dipamerkan saat puncak acara PPM 2018 (Inagurasi). “Ntar itu di bawa ke JEC (Jogja Expo Center —Red) buat dijadiin pameran.” Ungkapnya.

Tinggalkan Balasan