Maba Amikom Harus Kenal Komputer | Introduction of Computer

LPMJournal.id — Universitas Amikom Yogyakarta kembali menyelenggarakan Introduction To Computer (ITC) untuk menyambut mahasiswa baru. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengenalkan dunia IT, tetapi juga mahasiswa baru diajarkan untuk menyelesaikan project saat itu juga.

ITC tahun ini berlangsung pada tanggal 6 Agustus sampai dengan 10 September 2018 dan diadakan sebanyak 10 sesi sesuai jadwal. Hal ini berarti ITC tidak akan dilakukan selama 10 hari berturut-turut. “Tahun lalu ITC diadakan 2 minggu berturut-turut dan pada hari terakhir para instruktur jadi serak kehabisan suara.” Ujar Muhamad Rahmat Jatnika, Ketua ITC 2018.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta ITC diberikan materi oleh instruktur yang juga mahasiswa Amikom yang telah diseleksi sebelumnya oleh panitia. Materi tersebut meliputi Office Administration, Digital Interactive Media, Data Scientist dan Database Management.

“Materi tahun ini kami fokus ke produknya Microsoft,” tutur Jatnika.

Pelatihan ini dilangsungkan mengingat latar belakang mahasiswa baru Amikom berasal dari berbagai latar belakang, baik dari SMK, SMA, Madrasah Aliyah, dan lain-lain. Tujuannya adalah untuk menambah wawasan sebagai bekal dalam menghadapi perkuliahan maupun dalam dunia kerja.

Hal yang berbeda pada ITC tahun ini dengan ITC tahun lalu. Salah satunya adalah penggunaan barcode guna meminimalisir waktu dibagian registrasi. Barcode tersebut didapat dari hasil convert nomor handphone peserta yang kemudian didistribusikan oleh panitia via email. Cara ini disinyalir lebih efektif jika dibandingkan dengan registrasi menggunakan tanda tangan manual. “Kita meminimalisir waktu di bagian registrasi. Kalo tahun kemarin tanda tangan, tahun ini menggunakan barcode yang kita kirim ke email mereka hasil dari convert nomor hp mereka.” Imbuhnya.

Kegiatan yang sebelumnya tidak menjadi suatu kewajiban, tahun ini menjadi rangkaian kegiatan wajib bagi mahasiswa baru. “Untuk tahun ini wajib, jadi setelah mengikuti ITC lanjut ke PPM.” Pungkasnya. Yoga | Arsy

1 tanggapan pada “Maba Amikom Harus Kenal Komputer | Introduction of Computer”

Tinggalkan Balasan