Lagi Lagi Valak Bukan Tokoh Utama – The NUN

the nun

LPMJournal.id — Masih ingat sosok Valak dalam film The Conjuring? Nah, kali ini adalah spin-off dari The Conjuring, yaitu The Nun. Film ini mengangkat kembali kisah Valak, sosok iblis berpakaian biarawati yang selalu mencuri perhatian di beberapa seri The Conjuring sebelumnya.

Konflik The Nun dimulai dari seorang biarawati yang tewas gantung diri bernama Victoria. Keuskupan Vatikan mengutus Pastor Burke yang diperankan oleh Demian Bichir untuk menyelidiki insiden yang terjadi di biara tua yang terletak di Rumania. Pastor Burke mengajak Taissa Farmiga pemeran tokoh suster Irene, seorang calon biarawati. Di Rumania, mereka dikawal oleh Frenchie (Jonas Bloquet), pemuda yang pertama kali menemukan mayat suster Victoria disaat ia sedang mengantarkan suplai barang keperluan biara.

Film yang disutradarai Corin Hardy, tidak sekadar menyoroti misteri kematian Victoria. Pastor Burke juga memiliki masa lalu yang traumatis. Insiden dalam pengusiran setan di dalam tubuh anak kecil di masa lalu, terus menerornya dan berpengaruh pada investigasi yang tengah dilakukannya. Irene yang belum juga mengambil sumpah sebagai biarawati, membuat kita bertanya-tanya alasan mengapa ia masih ragu.

Jika The Conjuring memiliki pasangan suami istri Ed dan Lorraine Warren, yang chemistrynya terjalin kuat di tangan Patrick Wilson dan Vera Farmiga. The Nun juga punya Burke – Irene, yang boleh dibilang mentor dan murid. Sebagai guru dan murid, interaksi Bichir dan Taissa Farmiga kurang meyakinkan. Bichir dan Farmiga asyik sendiri dengan karakter yang mereka perankan. Suasana menggemaskan justru terjalin saat Irene berusaha menjaga sikap di depan Frenchie yang kerap menggodanya.

Film ini memiliki set yang klasik, megah, sekaligus creepy. Tata cahaya yang remang-remang dan penempatan nada yang tepat, berhasil menjaga mood kelam sepanjang film. Permainan kamera, beberapa kali menghasilkan jumpscare yang mencekam. Tapi dari sisi orisinalitas, kurang mengagetkan daripada The Conjuring 1 atau 2. Sementara dari segi cerita, The Nun bingung menentukan fokus.

Latar belakang Pastor Burke dan sikap gamang Irene, pada akhirnya lebih dominan dibanding sosok The Nun atau Valak itu sendiri. Film yang ceritanya dibuat James Wan dan Gary Dauberman memang memberikan jawaban soal Valak, namun poin ini justru terasa numpang lewat. Tak sebanding dengan ‘nama besar’ yang dimiliki karakter Valak itu sendiri. Jika sebagai iblis yang muncul sekelebat saja di beberapa seri The Conjuring Valak bisa jadi ‘headline’, seharusnya ia bisa lebih perkasa saat dibuatkan film sendiri.

 

Tinggalkan Balasan